Rotor Filter Oli Wajib Diservis Juga!

Rotor oli filter diservis pas lagi copot bak mesin(kiri). Kerak geram cukup di cuci pakai bensin(kanan).

Khusus Honda GL series hingga Tiger Revo, filter oli yang wajib dibersihkan bukan cuma yang ada di bawah crankcase kiri. Di mana di dalamnya terpadat kawat kasa yang ditahan seperti tutup klep dan ditekan pegas.

Kawat kasa bertugas menyaring kotoran kasar oli di bawah bak mesin setelah pelumas bersirkulasi. Lalu oli tersaring tadi diisap pompa oli untuk dialirkan ke beberapa bagian. Di antaranya ke head, kruk-as, seher, girboks juga kopling.

Cuma khusus aliran pelumas dari pompa ke arah kruk as dan piston, kembali disaring saat melewati rotor saringan oli. Sehingga oli yang akan melumasi bagian berputar dan bergesek seperti kruk-as dan piston bersih dari geram.

“Karena kerjanya kontinu atau berulang, geram yang enggak tersaring kawat kasa kelamaan akan numpuk di dalam rumah rotor filter oli. Jika didiamkan atau dianggap sepele, dipastikan serpihan besi halus bikin mampet aliran oli. Mesin pun gampang overheat,” ulas Teguh Wiyono, mekanik Ganesha Motor di Jl. Raya Bekasi, Cakung, Jakarta Timur.

Oleh sebab itu, saran Teguh saat servis filter oli jangan cuma kawat kasanya. Rotor filter oli yang terpasang di depan gir primer dan berada di dalam bak mesin juga perlu dibersihkan.

“Bedanya bersihin kawat kasa bisa kapan saja. Tapi, servis rotor oli filter biasanya dilakukan saat bak kopling dibongkar atau ketika servis besar. Sebab rotor oli fiter di dalam bak mesin harus dibongkar saat dipasang pada poros kruk-as kiri,” timpal Aries Indriyanto dari BJ Speed.

Prosesnya sendiri lanjut Aries, melepas bak kopling berikut peranti lainnya yaitu kick starter, kabel dan tuas kopling. Tidak lupa saat copot bak mesin, oli di dalam crankcase dibuang lebih dulu hingga tuntas.

Setelah rotor filter oli tampak, langkah berikut buka tutup rotor dengan mengendurkan tiga bautnya. Baru deh tutupnya dibuka perlahan agar geram yang sudah menumpuk tidak tumpah.

“Biar maksimal, sekalian rotor dilepas dari as dengan membuka mur pakai kunci sok 17. Begitu terpisah, geram dicuci pakai bensin hingga kerak yang keras pun dapat terangkat,” lanjut Aries dari Jl. Krukut Raya, Limo, Depok.

Dan khusus buat bebek Honda, rotor oli filter juga bisa dibuka pada bagian depan rumah kopling sentrifugal. Caranya juga sama, yaitu dengan melepas ketiga baut penutupnya.

Kalau sudah begini, libur Lebaran pun akan jadi lebih asyik!

sumber:http://motorplus.otomotifnet.com/read/2011/08/28/322954/207/27/Rotor-Filter-Oli-Wajib-Diservis-Juga

About dedelupa

never too old to change Lihat semua pos milik dedelupa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: